Bung Tomo Pahlawan Nasional arek suroboyo



Siapakah bung Tomo itu?

Bung tomo yang mempunya nama lengkap sutomo dilahirkan di Kampung Blauran, Surabaya, pada 3 Oktober 1920.  Anak dari Kartawan Tjiptowidjojo ini telah aktif berorganisasi sejak remaja. Beliau bergabung dalam Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) dan tercatat sebagai salah satu dari tiga orang pandu kelas I di seluruh Indonesia saat itu.


Aktifitas dan perjuangan bung Tomo

Minat bung tomo di dunia jurnalisme sangat tinggi. Dimasa mudanya, bung tomo menjadi wartawan lepas pada Harian Soeara Oemoem di Surabaya 1937. Setahun kemudian, ia menjadi Redaktur Mingguan Pembela Rakyat serta menjadi wartawan dan penulis pojok harian berbahasa Jawa, Ekspres, di Surabaya pada tahun 1939.

Ketika meletus perang kemerdekaan tanggal 10 november 1945 bung tomo tampil sebagai orator membakar semangat para pemuda berjuang pantang mundur mengusir tentara inggris dan NICA - belanda. Tanggal tersebut saat ini diperingati sebagai hari pahlawan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Bung Tomo pernah aktif dalam politik pada tahun 1950-an. Namun pada awal tahun 1970-an, ia berbeda pendapat dengan pemerintahan Orde Baru. Pada 11 April 1978 ditahan oleh pemerintah selama satu tahun karena kritik-kritiknya yang pedas.

Akhir Hayat bung Tomo

Bung Tomo meninggal di Mekkah, ketika sedang menunaikan ibadah haji. Jenazah Bung Tomo dibawa kembali ke Indonesia dan dimakamkan di TPU Ngagel, Surabaya. Bung Tomo, pahlawan pengobar semangat Juang arek-arek Surabaya ini mendapat gelar pahlawan secara resmi dan pemerintah pada tahun 2008.

“Selama banteng-banteng Indonesia masih mempoenjai darah merah jang dapat membikin setjarik kain poetih mendjadi merah & putih, maka selama itoe tidak akan kita maoe menjerah kepada siapapoen djuga!”

- Bung Tomo -

Ditulis Oleh : Unknown ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Bung Tomo Pahlawan Nasional arek suroboyo yang ditulis oleh believe or not yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di believe or not

0 comments:

Post a Comment

Back to top